Monday, April 27, 2020

Cara Cek IMEI iPhone / Android Lolos Blokir atau Tidak dari Pemerintah

Cek IMEI

Jadi buat kalian yang belum tahu  Aturan blokiran HP BM (Black Market) Android dan iPhone atau yang tidak resmi ini udah berlaku 18 April 2020. Buat kalian yang belum tahu apa itu Hp Black Market?.
Hp Black Market atau Ilegal adalah produk yang berasal dari luar negeri yang di beli melalui oknum-oknum. Biasanya hp bm ini terdiri dari brand Xiaomi, Oppo, Samsung. Berikut saya urutkan ciri-ciri hp black market.

1. Tidak Ada Garansi
Jika kalian membeli sebuah hp dari brand asli yang sudah ada di Indonesia seperti oppo, xiaomi dan tidak mendapatkan Garansi bisa dipastikan hp yang kalian beli itu hp black market. Jadi jika hp kalian mengalami kerusakan baik itu dari kesalahan pembeli maupun dari bawaannya kalian tidak akan bisa klaim garansi.

2. Dijual di Toko Online
Hp black market biasanya paling banyak di temui di toko-toko online. Jadi kalau Anda mau transaksi pastikan hp yang Anda beli itu benar-benar bukan hp ilegal. Seperti yang Anda tahu beli barang online itu resikonya tinggi.

3. Cek No IMEI Hand Phone
IMEI? Apa itu IMEI?. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah Nomor Identitas yang dikeluarkan oleh GSMA (Global System for Mobile Communications Association)  untuk setiap slot kartu dari manufaktur ponsel. Bila ponsel punya slot SIM Card ganda, maka bakal ada dua nomor IMEI-nya(source:tirto.id). No IMEI ini terdiri dari 15 digit angka

Silahkan cek No IMEI kalian dengan mengetik *#06# maka akan muncul seperti gambar dibawah ini
IMEI

Dan untuk memastikan apakah No IMEI kalian di blokir Pemerintau atau tidak silahkan kunjungi website https://imei.kemenperin.go.id/ untuk hasilny seperti dibawah ini.
IMEI terdaftar
Dan  ini hasil yang tidak terdaftar No IMEI nya 

IMEI tidak terdaftar

Tunggu apa lagi segera cek No IMEI HP kalian, dan untuk kalian yang tidak terdaftar tidak usah khawatir pasti ada kok caranya supaya hp yang tidak terdaftar bisa di gunakan.